Analisis Perbandingan Penerapan Pembelajaran Tata Bahasa China Antara Pembelajaran Tatap Muka Dengan Kombinasi Pembelajaran Jarak Jauh Dan Tatap Muka

Authors

  • Yi Ying Binus University

DOI:

https://doi.org/10.21512/lc.v1i1.263

Keywords:

e-Learning, tata bahasa, bahasa China, multi channel learning

Abstract

Di Fakultas Sastra, selama ini pengajaran tata bahasa hanya melalui tatap muka langsung. Seiring dengan penerapan sistem pembelajaran Multi Channel Learning di UBiNus maka dikembangkanlah metode pembelajaran tata bahasa model kombinasi pembelajaran jarak jauh dan tatap muka. Untuk mengetahui metode pembelajaran yang paling tepat dan efektif, sekaligus mengevaluasi semua metode yang sudah dijalankan selama ini, Jurusan Sastra China akan melaksanakan penelitian perbandingan antara kelas konvensional, gabungan off-class dan MCL, dan MCL tanpa off-class. Metode yang akan digunakan adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa nilai mahasiswa kelas MCL lebih unggul dibandingkan nilai mahasiswa kelas MCL Off Class dan kelas Face to Face (Konvensional).

 


Dimensions

Plum Analytics

Author Biography

Yi Ying, Binus University

Chinese Department

References

Kumpulan karya ilmiah Pengajaran Bahasa China oleh Dekan Jin Ning (Dekan Fakultas Bahasa China Universitas Huaqiao, China). 2003.

Kumpulan karya ilmiah Pengajaran Bahasa China di Indonesia dalam rangka Loka Karya Pengajaran Bahasa China Ketiga yang diselenggarakan oleh Suskonsursium Bahasa Mandarin, DIKTI. 2005.

Parera, Jos Daniel. 1994. Linguistik Edukasional. Erlangga, Jakarta.

Preston, Dennis R. 1989. Sociolinguistics and Second Language Acquisition. Oxford and New York: Basil Blackwell.

Rivers, Wilga M. 1981. Teaching Foreign-Language Skills. London: The University of Chicago.

Samsuri. 1991. Analisis Bahasa. Jakarta: Erlangga.

Wheeleer, Steve. “Teknologi Konvergen dalam Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (Convergent Technologies in distance learning delivery).” Tech Trends, Volume 43, Issue 5, November 1999, hal 19.

William, C.A.S. 1999. Chinese Symbolism and Arts Motifs. Jakarta: Gramedia.

Verhaar, J.W.M. 1999. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gajahmada University Press.

黄伯荣. 1997. 现代汉语(增订二版)下册. 高等教育出版社.

娱华. 2002. 使用现代汉语语法. 商务印书馆.

Landsberger, Joe . “Pedoman dan Strategi Belajar” diakses dari http://www.studygs.net/indon/disted.htm

Pinyin, Hanyu. Diakses dari http://www.chineseon.net/resources/pinyin/index.php

http://www.chineseon.net/course/grammar

http://vlc.polyu.edu.hk/putonghua/unit1/unit1.htm

http://vlc.polyu.edu.hk/putonghua/unit2/unit2.htm

http://www.languageguide.org/im/veg/cn

http://www.languageguide.org/im/fruits/cn

http://www.languageguide.org/im/num/cn

http://shufawest.us/language/tonedrill.html

http://www.languageguide.org/im/dining/cn

http://www.languaguide.org/im/food/cn/ndexz.jsp

http://www.languageguide.org/im/colors/cn

http://www.languageguide.org/im/electronics/cn

http://www.languageguide.org/body/cn

Downloads

Published

2007-05-31
Abstract 1538  .
PDF downloaded 1351  .