Kewarganegaraan Digital Sebagai Upaya Persiapan Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi

Authors

  • Aida Restu Amalia Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang
  • Alifia Aqida Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang
  • Salwa Aidah Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.21512/icj.v2i1.12262

Keywords:

Kewarganegaraan Digital, Pendidikan, Teknologi

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat telah membawa perubahan signifikan dalam cara individu berinteraksi, berkomunikasi, dan mengakses informasi. Di era digital ini, masyarakat dihadapkan pada berbagai tantangan, termasuk penyebaran informasi yang tidak akurat, ancaman privasi, serta perilaku negatif di dunia maya. Dalam konteks ini, konsep kewarganegaraan digital menjadi semakin relevan sebagai landasan untuk memahami tanggung jawab dan etika dalam penggunaan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan komponen serta prinsip utama dari kewarganegaraan digital yang relevan dengan kondisi masyarakat saat ini, mengkaji tantangan yang muncul akibat perkembangan teknologi dan mengidentifikasi peran kewarganegaraan digital dalam mengatasi tantangan tersebut, serta mengevaluasi kontribusi pendidikan dalam membekali generasi muda dengan pengetahuan dan keterampilan kewarganegaraan digital yang diperlukan di era teknologi yang terus berkembang. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, penelitian ini menganalisis berbagai literatur yang membahas konsep kewarganegaraan digital, yang mencakup pemahaman etika, keamanan informasi, dan partisipasi aktif dalam dunia maya baik dalam berupa buku dan jurnal. Hasil kajian menunjukkan bahwa kewarganegaraan digital tidak hanya berfokus pada penggunaan teknologi, tetapi juga pada tanggung jawab dan sikap individu dalam lingkungan digital. Di tengah maraknya penyebaran informasi palsu, risiko privasi, dan perilaku online yang tidak etis, kewarganegaraan digital menjadi krusial untuk membangun masyarakat yang cerdas dan adaptif. Selain itu, penelitian ini menyoroti peran pendidikan dalam membekali generasi muda dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk berpartisipasi secara bertanggung jawab di dunia digital.

Dimensions

References

Acomi, O. (2022). Rights and Responsibilities Course Readings | Exercises | Case studies | Quizzes. September. https://doi.org/10.5281/zenodo.7112857

Afralia, A., Safitri, D., & Sujarwo. (2024). Analisis Penyebab Maraknya Cyberbullying di Era Digital pada Remaja. Mutiara: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 70–80. https://doi.org/10.61404/jimi.v2i2.199

Ahyati, I. U., & Sya’rawi, H. (2022). ETIKA BERINTERNET (NETIKET) DALAM KOMUNIKASI DARING DI POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN Inayatul Ulya Ahyati (1) , Huda Sya’rawi (2). Jurnal INTEKNA, 22(1), 25–30. http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/issue/archive

Ainisyifa, A. N., Tazaka, C., Nugraha, N. A., Yanti, Z. D., Nursyifa, Z. Z., & Fuadin, A. (2023). The Role of Digital Citizenship Activities to Preserve Nation’s Culture. QISTINA: Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(1), 234–239.

Anggen Suari, K. R., & Sarjana, I. M. (2023). Menjaga Privasi di Era Digital: Perlindungan Data Pribadi di Indonesia. Jurnal Analisis Hukum, 6(1), 132–142. https://doi.org/10.38043/jah.v6i1.4484

Annur, C. M. (2024). Ini Media Sosial Paling Banyak Digunakan di Indonesia Awal 2024. https://databoks.katadata.co.id/-/statistik/66ea436ab12f2/ini-media-sosial-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-awal-2024

Anshori, A. Y., & Hidayat, M. E. N. (2023). Membangun Pertahanan Terhadap Hoaks : Penguatan Literasi Informasi di Era Digital Oleh. Literasiana: Jurnal Literasi Informasi Perpustakaan, 1(2), 1–15. https://jurnal.unwahaspress.com/index.php/literasiana/article/view/11%0Ahttps://jurnal.unwahaspress.com/index.php/literasiana/article/download/11/12

Armawi, A., & Wahidin, D. (2020). Optimalisasi peran internet dalam mewujudkan digital citizenship dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(1), 29–39. https://doi.org/10.21831/jc.v17i1.30146

Broome, A., & Quirk, J. (2015). Governing the world at a distance: The practice of global benchmarking. Review of International Studies, 41(5), 819–841. https://doi.org/10.1017/S0260210515000340

Budi, E., Wira, D., & Infantono, A. (2021). Strategi Penguatan Cyber Security Guna Mewujudkan Keamanan Nasional di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 3(November), 223–234. https://doi.org/10.54706/senastindo.v3.2021.141

Cole, J. M. (2018). THE HARD EDGE OF SHARP POWER Understanding China’s Influence Operations Abroad. October. www.MacdonaldLaurier.ca

Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital : pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 31712–31723.

Data Reportal. (2024). Global Sosial Media Statistics. https://datareportal-com.translate.goog/sosial-media-users?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc

Dresp-Langley, B., & Hutt, A. (2022). Digital Addiction and Sleep. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(11). https://doi.org/10.3390/ijerph19116910

Dunn Cavelty, M., & Wenger, A. (2020). Cyber security meets security politics: Complex technology, fragmented politics, and networked science. Contemporary Security Policy, 41(1), 5–32. https://doi.org/10.1080/13523260.2019.1678855

Fauziawati, W. (2015). Upaya Mereduksi Kebiasaan Bermain Game Online Melalui Teknik Diskusi Kelompok. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 115. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v4i2.4483

Geladze, D. (2015). Using the Internet and Computer Technologies in Learning / Teaching Process. 6(2), 67–70.

Gupta, A., Boas, I., & Oosterveer, P. (2020). Transparency in global sustainability governance: to what effect? Journal of Environmental Policy and Planning, 22(1), 84–97. https://doi.org/10.1080/1523908X.2020.1709281

Hairani, E. (2022). Relevansi Konsep Pemikirain Al-Ghozali Dalam Pendidikan Moral Anak di Era Digital. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03). https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.4263

Hakim, S. N., & Raj, A. A. (2017). Dampak kecanduan internet (internet addiction) pada remaja. Jurnal UNISSULA, 978-602–22(2), 280–284. jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/download/2200/1662

Hamadi, F., & Hamidulloh, I. (2020). Konsep dan aplikasi literasi baru di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0 (1st ed.). CV. Pilar Nusantara.

Haniko, P., Sappaile, B. I., Gani, I. P., Sitopu, J. W., Junaidi, A., Sofyan, & Cahyono, D. (2023). Menjembatani Kesenjangan Digital: Memberikan Akses ke Teknologi, Pelatihan, Dukungan, dan Peluang untuk Inklusi Digital. Jurnal Pengabdian West Science, 2(05), 306–315. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i5.371

Hetilaniar, Rokhman, F., & Pristiwati, R. (2023). Dari Dunia Offline ke Dunia Online: Merangkul Literasi Digital. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 13(1), 44–54. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v13i1.11936

Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988

Hikmah, B., Anshori Muaz, R., & Fauzi Rachman, I. (2024). Program Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD): Upaya Pemerintah Indonesia Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) 2030. Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2(3), 253–265. https://doi.org/10.61132/nakula.v2i3.825

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Insani, N. N., Hamidah, S., & Martadinata, W. U. (2024). Optimalisasi Kewarganegaraan Digital melalui Desain Pembelajaran Online. Journal on Education, 06(02), 14851–14860.

Isman, A., & Gungoren, C. O. (2014). Digital citizenship. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 13(1), 73–77. https://doi.org/10.4324/9781003104148-9

Keiser, B. (2019). Digital Literacy Unpacked. In Public Services Quarterly (Vol. 15, Issue 2). https://doi.org/10.1080/15228959.2019.1592823

Khairunisa, W., Febrian, A., Sundawa, D., & Rahmat, R. (2024). Membangun Keadaban Digitalisasi Warga Negara Indonesia dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 4(01), 1–8. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.675

Leone de Castris, A. (2024). Types of Platform Transparency: An Analysis of Discourse Around Transparency and Global Digital Platforms. Public Integrity, 0(0), 1–15. https://doi.org/10.1080/10999922.2024.2304741

Lutfi, A., & Prasetiya, B. (2024). Analisis Tantangan Pemanfaatan Alat Digital Dalam Pendidikan Pada Anak Yang Cenderung Menghabiskan Waktu Untuk Game Online Di Mi At-Tarbiyah Sumberasih. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 154–169. https://doi.org/10.46773/muaddib.v6i1.1064

McDougall, J., Readman, M., & Wilkinson, P. (2018). The uses of (digital) literacy. Learning, Media and Technology, 43(3), 263–279. https://doi.org/10.1080/17439884.2018.1462206

Mim, F. N., Islam, M. A., & Paul, G. K. (2018). Impact of the use of sosial media on students’ academic performance and behavior change. International Journal of Statistics and Applied Mathematics, 3(1), 299–302. https://www.mathsjournal.com/pdf/2018/vol3issue1/PartD/3-1-29-778.pdf

Mukhlizar, M., & Yuliani, F. (2023). Hoax dan Tanggung Jawab Sosial Pengguna Sosial Media. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 6(2), 461–466. https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i2.7695

Mulia, L. T. (2023). Kewarganegaraan digital pada era globalisasi di Indonesia. Iuris Studia: Jurnal Kajian Hukum, 4(1), 1–5.

Prabhakar, A., & Kumar, R. (2022). Digital Citizenship for 21st Century Children. In Journal under Arts and. https://www.researchgate.net/publication/361614925

Pujianti, A., br Malau, K. D., & Ulandari. (2024). Membangun Budaya Positif Berinternet Berbasis Etika dan Kewarganegaraan Serta Meningkatkan Kesadaran Masyarakat di Era Digital. Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, Sains Dan Informatika, 2(2), 61–69.

Putri, E. M., & Setyowati, R. N. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN DIGITAL CITIZENSHIP DALAM MEMBENTUK GOOD DIGITAL CITIZEN PADA SISWA SMA LABSCHOOL UNESA (Vol. 9).

Qualter, D. (2024). From Digital Exclusion to Digital Inclusion: Shaping the Role of Parental Involvement in Home-Based Digital Learning–A Narrative Literature Review. Computers in the Schools, 41(2), 120–144. https://doi.org/10.1080/07380569.2024.2322167

Rahmadhany, A., Aldila Safitri, A., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena Penyebaran Hoax dan Hate Speech pada Media Sosial. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 30–43. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.182

Rahmawati, L. (2024). Pustakawan Profesional di Era Disrupsi. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 2(1), 143–158. https://jip.joln.org/index.php/pendidikan/article/download/157/157/321

Redhana, I. W. (2024). Literasi Digital (Issue August).

Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Gunahumas, 1(1), 72–87. https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380

Riyadi, & Larasaty, P. (2020). Ketimpangan Akses Terhadap Teknologi Informasi Dengan Pendekatan Pendapatan. Seminar Nasional Official Statistics 2019: Pengembangan Official Statistics Dalam Mendukung Implementasi SDG’s KETIMPANGAN, 560–570.

Rizky Pratama, A., Yulianti Taufik, M., Hariyudin, A., Siliwangi, I., & Com, V. (2019). THE INFLUENCE OF INTERNET TECHNOLOGY ON THE DEVELOPMENT OF TEACHING AND LEARNING METHODS FOR STUDENTS. 2(6).

Rusdiyanti, S., Hutagalung, B., Afandi, R., Firmansyah, S. M., & Radianto, D. O. (2023). Pentingnya Literasi Informasi dalam Menghadapi Tantangan Informasi Palsu (Hoaks). Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 2(3), 395–400. https://doi.org/10.37676/mude.v2i3.4321

Sanders, R. (2020). Digital inclusion, exclusion and participation. Iriss, April, 1–34.

Saputra, D. F. (2023). Literasi Digital untuk Perlindungan Data Pribadi. Jurnal Ilmu Kepolisian, 17(3), 1–8.

Saputra, M. (2022). Integrasi Kewarganegaraan Digital dalam Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan untuk Menumbuhkan Etika Berinternet (Netiket) di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 12(1), 6–15. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/view/13635

Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan, 1–9.

Setyawan, R. D., Hijran, M., & Rozi, R. (2023). Implementasi Digital citizenship untuk Kalangan Gen Z Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2), 270–279. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.6867

Soraya, D. (2019). PENGARUH TINGKAT KESADARAN PRIVASI TERHADAP PERILAKU PERLINDUNGAN INFORMASI PRIBADI (Studi Kuantitatif Eksplanatif Uji Model Antecedents-Privacy Concerns-Outcomes (APCO) di Media Sosial oleh Mahasiswa Universitas Airlangga). 1–14.

Suryatni, L. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan dan Literasi Media Dalam Mencerdaskan Netizen di Media Sosial. Mitra Manajemen, 10(2), 79–90.

Triastuti, R. (2019). Teachers and technology: The perspective of digital citizenship. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 16(1), 22–28. https://doi.org/10.21831/jc.v16i1.21521

Trisudarmo, R., Wati, D. P., & Irawan, D. (2023). Peningkatan Kesadaran Dan Penerapan Etika Digital Di. JURNAL PASOPATI - Vol. 5, No. 3 Tahun 2023, 5(3), 117–124.

Wahyuningratna, R. N., & Ayuningtyas, F. (2022). Edukasi Penggunaan Internet Dan Penerapan Etika Di Dunia Maya Oleh Remaja Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pasopati, 4(1), 45–52.

Waruwu, D., Br. Hombing, H. D. S. S., Situmorang, S. E., & Elsi, S. D. (2024). Analisis Peran Teknologi Digital Pada Proses Pelaksanaan Pemilu Serentak 2024. Journal of Law, Administration, and Sosial Science, 4(5), 776–784. https://doi.org/10.54957/jolas.v4i5.887

Widiastuti, I., & Munawaroh, H. (2018). Internet dan Perilaku Moral Remaja. Journal of Educational Sosial Studies, 7(2), 62–70.

Widodo, A., & Permatasari, D. A. (2024). AI DALAM KOMUNIKASI SMART CITY : TRANSFORMASI KOMUNIKASI MASYARAKAT DENGAN PEMERINTAH DI ERA. In Future Jakarta: AI dan Kebijakan Inovatif Untuk Kota Pintar. Penerbit Gunadarma. https://penerbit.gunadarma.ac.id/wp-content/uploads/2024/08/FUTURE-JAKARTA-Final-OK-2-chapter-36-56.pdf

Wirmando, W., Anita, F., Hurat, V. S., & Korompis, V. V. N. (2021). Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Bullying Pada Remaja. Nursing Care and Health Technology Journal (NCHAT), 1(3), 117–122. https://doi.org/10.56742/nchat.v1i3.19

Downloads

Published

2024-11-29
Abstract 269  .
PDF downloaded 211  .