Kewarganegaraan Digital Sebagai Upaya Persiapan Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi
DOI:
https://doi.org/10.21512/icj.v2i1.12262Keywords:
Kewarganegaraan Digital, Pendidikan, TeknologiAbstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat telah membawa perubahan signifikan dalam cara individu berinteraksi, berkomunikasi, dan mengakses informasi. Di era digital ini, masyarakat dihadapkan pada berbagai tantangan, termasuk penyebaran informasi yang tidak akurat, ancaman privasi, serta perilaku negatif di dunia maya. Dalam konteks ini, konsep kewarganegaraan digital menjadi semakin relevan sebagai landasan untuk memahami tanggung jawab dan etika dalam penggunaan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan komponen serta prinsip utama dari kewarganegaraan digital yang relevan dengan kondisi masyarakat saat ini, mengkaji tantangan yang muncul akibat perkembangan teknologi dan mengidentifikasi peran kewarganegaraan digital dalam mengatasi tantangan tersebut, serta mengevaluasi kontribusi pendidikan dalam membekali generasi muda dengan pengetahuan dan keterampilan kewarganegaraan digital yang diperlukan di era teknologi yang terus berkembang. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, penelitian ini menganalisis berbagai literatur yang membahas konsep kewarganegaraan digital, yang mencakup pemahaman etika, keamanan informasi, dan partisipasi aktif dalam dunia maya baik dalam berupa buku dan jurnal. Hasil kajian menunjukkan bahwa kewarganegaraan digital tidak hanya berfokus pada penggunaan teknologi, tetapi juga pada tanggung jawab dan sikap individu dalam lingkungan digital. Di tengah maraknya penyebaran informasi palsu, risiko privasi, dan perilaku online yang tidak etis, kewarganegaraan digital menjadi krusial untuk membangun masyarakat yang cerdas dan adaptif. Selain itu, penelitian ini menyoroti peran pendidikan dalam membekali generasi muda dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk berpartisipasi secara bertanggung jawab di dunia digital.
References
Acomi, O. (2022). Rights and Responsibilities Course Readings | Exercises | Case studies | Quizzes. September. https://doi.org/10.5281/zenodo.7112857
Afralia, A., Safitri, D., & Sujarwo. (2024). Analisis Penyebab Maraknya Cyberbullying di Era Digital pada Remaja. Mutiara: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 70–80. https://doi.org/10.61404/jimi.v2i2.199
Ahyati, I. U., & Sya’rawi, H. (2022). ETIKA BERINTERNET (NETIKET) DALAM KOMUNIKASI DARING DI POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN Inayatul Ulya Ahyati (1) , Huda Sya’rawi (2). Jurnal INTEKNA, 22(1), 25–30. http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/issue/archive
Ainisyifa, A. N., Tazaka, C., Nugraha, N. A., Yanti, Z. D., Nursyifa, Z. Z., & Fuadin, A. (2023). The Role of Digital Citizenship Activities to Preserve Nation’s Culture. QISTINA: Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(1), 234–239.
Anggen Suari, K. R., & Sarjana, I. M. (2023). Menjaga Privasi di Era Digital: Perlindungan Data Pribadi di Indonesia. Jurnal Analisis Hukum, 6(1), 132–142. https://doi.org/10.38043/jah.v6i1.4484
Annur, C. M. (2024). Ini Media Sosial Paling Banyak Digunakan di Indonesia Awal 2024. https://databoks.katadata.co.id/-/statistik/66ea436ab12f2/ini-media-sosial-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-awal-2024
Anshori, A. Y., & Hidayat, M. E. N. (2023). Membangun Pertahanan Terhadap Hoaks : Penguatan Literasi Informasi di Era Digital Oleh. Literasiana: Jurnal Literasi Informasi Perpustakaan, 1(2), 1–15. https://jurnal.unwahaspress.com/index.php/literasiana/article/view/11%0Ahttps://jurnal.unwahaspress.com/index.php/literasiana/article/download/11/12
Armawi, A., & Wahidin, D. (2020). Optimalisasi peran internet dalam mewujudkan digital citizenship dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(1), 29–39. https://doi.org/10.21831/jc.v17i1.30146
Broome, A., & Quirk, J. (2015). Governing the world at a distance: The practice of global benchmarking. Review of International Studies, 41(5), 819–841. https://doi.org/10.1017/S0260210515000340
Budi, E., Wira, D., & Infantono, A. (2021). Strategi Penguatan Cyber Security Guna Mewujudkan Keamanan Nasional di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 3(November), 223–234. https://doi.org/10.54706/senastindo.v3.2021.141
Cole, J. M. (2018). THE HARD EDGE OF SHARP POWER Understanding China’s Influence Operations Abroad. October. www.MacdonaldLaurier.ca
Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital : pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 31712–31723.
Data Reportal. (2024). Global Sosial Media Statistics. https://datareportal-com.translate.goog/sosial-media-users?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
Dresp-Langley, B., & Hutt, A. (2022). Digital Addiction and Sleep. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(11). https://doi.org/10.3390/ijerph19116910
Dunn Cavelty, M., & Wenger, A. (2020). Cyber security meets security politics: Complex technology, fragmented politics, and networked science. Contemporary Security Policy, 41(1), 5–32. https://doi.org/10.1080/13523260.2019.1678855
Fauziawati, W. (2015). Upaya Mereduksi Kebiasaan Bermain Game Online Melalui Teknik Diskusi Kelompok. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 115. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v4i2.4483
Geladze, D. (2015). Using the Internet and Computer Technologies in Learning / Teaching Process. 6(2), 67–70.
Gupta, A., Boas, I., & Oosterveer, P. (2020). Transparency in global sustainability governance: to what effect? Journal of Environmental Policy and Planning, 22(1), 84–97. https://doi.org/10.1080/1523908X.2020.1709281
Hairani, E. (2022). Relevansi Konsep Pemikirain Al-Ghozali Dalam Pendidikan Moral Anak di Era Digital. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03). https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.4263
Hakim, S. N., & Raj, A. A. (2017). Dampak kecanduan internet (internet addiction) pada remaja. Jurnal UNISSULA, 978-602–22(2), 280–284. jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/download/2200/1662
Hamadi, F., & Hamidulloh, I. (2020). Konsep dan aplikasi literasi baru di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0 (1st ed.). CV. Pilar Nusantara.
Haniko, P., Sappaile, B. I., Gani, I. P., Sitopu, J. W., Junaidi, A., Sofyan, & Cahyono, D. (2023). Menjembatani Kesenjangan Digital: Memberikan Akses ke Teknologi, Pelatihan, Dukungan, dan Peluang untuk Inklusi Digital. Jurnal Pengabdian West Science, 2(05), 306–315. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i5.371
Hetilaniar, Rokhman, F., & Pristiwati, R. (2023). Dari Dunia Offline ke Dunia Online: Merangkul Literasi Digital. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 13(1), 44–54. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v13i1.11936
Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988
Hikmah, B., Anshori Muaz, R., & Fauzi Rachman, I. (2024). Program Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD): Upaya Pemerintah Indonesia Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) 2030. Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2(3), 253–265. https://doi.org/10.61132/nakula.v2i3.825
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Insani, N. N., Hamidah, S., & Martadinata, W. U. (2024). Optimalisasi Kewarganegaraan Digital melalui Desain Pembelajaran Online. Journal on Education, 06(02), 14851–14860.
Isman, A., & Gungoren, C. O. (2014). Digital citizenship. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 13(1), 73–77. https://doi.org/10.4324/9781003104148-9
Keiser, B. (2019). Digital Literacy Unpacked. In Public Services Quarterly (Vol. 15, Issue 2). https://doi.org/10.1080/15228959.2019.1592823
Khairunisa, W., Febrian, A., Sundawa, D., & Rahmat, R. (2024). Membangun Keadaban Digitalisasi Warga Negara Indonesia dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 4(01), 1–8. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.675
Leone de Castris, A. (2024). Types of Platform Transparency: An Analysis of Discourse Around Transparency and Global Digital Platforms. Public Integrity, 0(0), 1–15. https://doi.org/10.1080/10999922.2024.2304741
Lutfi, A., & Prasetiya, B. (2024). Analisis Tantangan Pemanfaatan Alat Digital Dalam Pendidikan Pada Anak Yang Cenderung Menghabiskan Waktu Untuk Game Online Di Mi At-Tarbiyah Sumberasih. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 154–169. https://doi.org/10.46773/muaddib.v6i1.1064
McDougall, J., Readman, M., & Wilkinson, P. (2018). The uses of (digital) literacy. Learning, Media and Technology, 43(3), 263–279. https://doi.org/10.1080/17439884.2018.1462206
Mim, F. N., Islam, M. A., & Paul, G. K. (2018). Impact of the use of sosial media on students’ academic performance and behavior change. International Journal of Statistics and Applied Mathematics, 3(1), 299–302. https://www.mathsjournal.com/pdf/2018/vol3issue1/PartD/3-1-29-778.pdf
Mukhlizar, M., & Yuliani, F. (2023). Hoax dan Tanggung Jawab Sosial Pengguna Sosial Media. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 6(2), 461–466. https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i2.7695
Mulia, L. T. (2023). Kewarganegaraan digital pada era globalisasi di Indonesia. Iuris Studia: Jurnal Kajian Hukum, 4(1), 1–5.
Prabhakar, A., & Kumar, R. (2022). Digital Citizenship for 21st Century Children. In Journal under Arts and. https://www.researchgate.net/publication/361614925
Pujianti, A., br Malau, K. D., & Ulandari. (2024). Membangun Budaya Positif Berinternet Berbasis Etika dan Kewarganegaraan Serta Meningkatkan Kesadaran Masyarakat di Era Digital. Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, Sains Dan Informatika, 2(2), 61–69.
Putri, E. M., & Setyowati, R. N. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN DIGITAL CITIZENSHIP DALAM MEMBENTUK GOOD DIGITAL CITIZEN PADA SISWA SMA LABSCHOOL UNESA (Vol. 9).
Qualter, D. (2024). From Digital Exclusion to Digital Inclusion: Shaping the Role of Parental Involvement in Home-Based Digital Learning–A Narrative Literature Review. Computers in the Schools, 41(2), 120–144. https://doi.org/10.1080/07380569.2024.2322167
Rahmadhany, A., Aldila Safitri, A., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena Penyebaran Hoax dan Hate Speech pada Media Sosial. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 30–43. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.182
Rahmawati, L. (2024). Pustakawan Profesional di Era Disrupsi. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 2(1), 143–158. https://jip.joln.org/index.php/pendidikan/article/download/157/157/321
Redhana, I. W. (2024). Literasi Digital (Issue August).
Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Gunahumas, 1(1), 72–87. https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380
Riyadi, & Larasaty, P. (2020). Ketimpangan Akses Terhadap Teknologi Informasi Dengan Pendekatan Pendapatan. Seminar Nasional Official Statistics 2019: Pengembangan Official Statistics Dalam Mendukung Implementasi SDG’s KETIMPANGAN, 560–570.
Rizky Pratama, A., Yulianti Taufik, M., Hariyudin, A., Siliwangi, I., & Com, V. (2019). THE INFLUENCE OF INTERNET TECHNOLOGY ON THE DEVELOPMENT OF TEACHING AND LEARNING METHODS FOR STUDENTS. 2(6).
Rusdiyanti, S., Hutagalung, B., Afandi, R., Firmansyah, S. M., & Radianto, D. O. (2023). Pentingnya Literasi Informasi dalam Menghadapi Tantangan Informasi Palsu (Hoaks). Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 2(3), 395–400. https://doi.org/10.37676/mude.v2i3.4321
Sanders, R. (2020). Digital inclusion, exclusion and participation. Iriss, April, 1–34.
Saputra, D. F. (2023). Literasi Digital untuk Perlindungan Data Pribadi. Jurnal Ilmu Kepolisian, 17(3), 1–8.
Saputra, M. (2022). Integrasi Kewarganegaraan Digital dalam Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan untuk Menumbuhkan Etika Berinternet (Netiket) di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 12(1), 6–15. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/view/13635
Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan, 1–9.
Setyawan, R. D., Hijran, M., & Rozi, R. (2023). Implementasi Digital citizenship untuk Kalangan Gen Z Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2), 270–279. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.6867
Soraya, D. (2019). PENGARUH TINGKAT KESADARAN PRIVASI TERHADAP PERILAKU PERLINDUNGAN INFORMASI PRIBADI (Studi Kuantitatif Eksplanatif Uji Model Antecedents-Privacy Concerns-Outcomes (APCO) di Media Sosial oleh Mahasiswa Universitas Airlangga). 1–14.
Suryatni, L. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan dan Literasi Media Dalam Mencerdaskan Netizen di Media Sosial. Mitra Manajemen, 10(2), 79–90.
Triastuti, R. (2019). Teachers and technology: The perspective of digital citizenship. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 16(1), 22–28. https://doi.org/10.21831/jc.v16i1.21521
Trisudarmo, R., Wati, D. P., & Irawan, D. (2023). Peningkatan Kesadaran Dan Penerapan Etika Digital Di. JURNAL PASOPATI - Vol. 5, No. 3 Tahun 2023, 5(3), 117–124.
Wahyuningratna, R. N., & Ayuningtyas, F. (2022). Edukasi Penggunaan Internet Dan Penerapan Etika Di Dunia Maya Oleh Remaja Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pasopati, 4(1), 45–52.
Waruwu, D., Br. Hombing, H. D. S. S., Situmorang, S. E., & Elsi, S. D. (2024). Analisis Peran Teknologi Digital Pada Proses Pelaksanaan Pemilu Serentak 2024. Journal of Law, Administration, and Sosial Science, 4(5), 776–784. https://doi.org/10.54957/jolas.v4i5.887
Widiastuti, I., & Munawaroh, H. (2018). Internet dan Perilaku Moral Remaja. Journal of Educational Sosial Studies, 7(2), 62–70.
Widodo, A., & Permatasari, D. A. (2024). AI DALAM KOMUNIKASI SMART CITY : TRANSFORMASI KOMUNIKASI MASYARAKAT DENGAN PEMERINTAH DI ERA. In Future Jakarta: AI dan Kebijakan Inovatif Untuk Kota Pintar. Penerbit Gunadarma. https://penerbit.gunadarma.ac.id/wp-content/uploads/2024/08/FUTURE-JAKARTA-Final-OK-2-chapter-36-56.pdf
Wirmando, W., Anita, F., Hurat, V. S., & Korompis, V. V. N. (2021). Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Bullying Pada Remaja. Nursing Care and Health Technology Journal (NCHAT), 1(3), 117–122. https://doi.org/10.56742/nchat.v1i3.19
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aida, Alifia, Salwa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License - Share Alike that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
USER RIGHTS
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows: Creative Commons Attribution-Share Alike (CC BY-SA)