Persepsi dan Sikap Guru tentang Pendayagunaan Media Jaringan Sosial dalam Pembelajaran Tingkat SLTA di Timor Leste

Authors

  • Ali Gunawan Bina Nusantara University
  • Agostinho de Fatima Bina Nusantara University

DOI:

https://doi.org/10.21512/seeij.v3i2.6961

Keywords:

Social networking media, communication, educational management, media jejaring sosial, manajemen pendidikan

Abstract

Di Timor Leste salah satu fenomena yang saat ini sedang ramai diperbincangkan adalah tentang berkembangnya media jaringan sosial. Media tersebut kini menjadi trend di seluruh kalangan masyarakat di Timor Leste tanpa memandang usia, hal itu dikarenakan media jaringan sosial memberikan kemudahan layanan dalam berkomunikasi, khususnya berinteraksi dan berbagi informasi antar manusia. Jika dikaitkan dalam konteks pendidikan, maka media jaringan sosial menjadi salah satu sarana komunikasi yang dapat dimanfaatkan dalam proses manajemen pendidikan dan pembelajaran bagi guru di Timor Leste. Pemanfaatan media tersebut tentu memiliki dampak positif dan negatif yang dapat memengaruhi keberhasilan lembaga pendidikan dalam mencapai tujuan.           

References

Blazer, C. 2012. Social Networking in Schools: Benefits and Risk; Review of the Research; Policy Considerations; and Current Practices. Research Services, 1109:1—23.

Kietzmann, J.H., Hermkens, K., McCarthy, I.P & Silvestre, B.S. 2011. Social Media? Get Serious! Understanding The Functional Building Blocks of Social Media. Business Horizons, 54:241—251.

Robbins, S.P & Judge, T.A. 2015. Organizational Behavior (Edisi 16) (Saraswati. R & Sirait. F, Ed). Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Setyadin, B. 2005. Modul IV: Desain dan Metode Penelitian Kuantitatif. Malang: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.

Sugiarto., Siagian, D., Sunaryanto, L.T. & Oetomo, D. 2003. Teknik Sampling. Jakarta: PT. Sun.

Wiyono, B.B. 2007. Metodologi Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Action Research. Malang: Rosindo

Downloads

Published

2019-10-24

Issue

Section

Articles