Klasifikasi Status Desa/Kelurahan DIY (Yogyakarta) Menggunakan Model Decision Tree (Studi Kasus Data Praktik Kerja Lapangan Politeknik Statistika STIS Tahun 2020)

Authors

  • Apriliansyah Mahmud Politeknik Statistika STIS
  • Ana Pangestika Politeknik Statistika STIS
  • Annisa Putri Ramadhanty Politeknik Statistika STIS
  • Galang Madya Putra Politeknik Statistika STIS
  • Galuh Sri Natungga Dewi Susilo Putri Politeknik Statistika STIS
  • Rani Nooraeni POLITEKNIK STATISTIKA STIS

DOI:

https://doi.org/10.21512/emacsjournal.v3i1.6787

Keywords:

status desa/kelurahan, klasifikasi, decision tree, data mining, validasi

Abstract

Status desa/kelurahan menjadi sebuah hal yang penting guna mengetahui perkembangan pembangunan yang ada pada desa/kelurahan tersebut serta dalam melakukan evaluasi terkait kebijakan yang telah dibuat mengenai infrastruktur. Badan Pusat Statistik (BPS) telah melakukan proses klasifikasi dengan metode skoring. Oleh karena itu pada penelitian ini akan mengimplementasikan model decision tree dikarenakan indicator klasifikasi status desa/kalurahan yang digunakan BPS belum mengikuti perkembangan zaman. Dalam penelitian ini menggunakan data hasil Praktik Kerja Lapangan (PKL) Politeknik Statistika STIS tahun 2020 yang dilaksanakan di D.I.Yogyakarta. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi metode alternatif untuk mengganti metode yang sudah ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 438 desa/kelurahan model decision tree mampu mengklasifikasi secara benar 392 desa/kelurahan sesuai dengan status desa/kelurahan sebelumnya. Model ini memiliki tingkat kebaikan model (specificity) sebesar 90.32%, presisi model (precision) sebesar 87.5%, sensitivitas model (recall) sebesar 88.42%, serta F1 Score sebesar 87.95%.

Author Biographies

Ana Pangestika, Politeknik Statistika STIS

Program Studi Diploma IV Statistika, Jurusan Statistika dan Kependudukan

Annisa Putri Ramadhanty, Politeknik Statistika STIS

Program Studi Diploma IV Statistika, Jurusan Statistika dan Kependudukan

Galang Madya Putra, Politeknik Statistika STIS

Program Studi Diploma IV Statistika, Jurusan Statistika dan Kependudukan

Galuh Sri Natungga Dewi Susilo Putri, Politeknik Statistika STIS

Program Studi Diploma IV Statistika, Jurusan Statistika dan Kependudukan

Rani Nooraeni, POLITEKNIK STATISTIKA STIS

Jurusan Statistika Statistika

References

Bappeda - BPS Daerah Istimewa Yogyakarta. (2016). Analisis Informasi Statistik Pembangunan Daerah Istimewa Yogyakarta 2016. Yogyakarta: Bappeda - BPS Daerah Istimewa Yogyakarta.

Birowo, A. C. (2019). Analisis Ketimpangan Perekonomian Di Provinsi Jawa Timur dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya (Tahun 2012-2016). Surakarta: FEB Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ilahi, R. (2013). Pengaruh Jarak Rumah Ke Sekolah Dan Pengeluaran Rumah Tangga Terhadap Partisipasi Sekolah Di Provinsi Papua. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, Vol. 3 No 2.

Kementerian PUPR. (2014). Bahan Informasi Rencana Program dan Kegiatan Di Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara 2015. Lombok: Kementerian PUPR.

Pemerintah Kota Surabaya. (2019). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Surabaya Tahun 2016-2021. Surabaya: Pemerintah Kota Surabaya.

Rianita, S. (2009). The Establishment and Development of a Join Secretariat Among Yogyakarta Municipality, Sleman Regency and Bantul Regency (Kartamantul). Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada.

Sari, M. S. (2014). Klasifikasi Wilayah Desa Perdesaan dan Desa Perkotaan Wilayah Kabupaten Semarang Dengan Support Vector Machine. Jurnal Gaussian Vol. 3 No. 4, 751-760.

Sholikhah, N. (2014). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Ketimpangan Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 20, No 2, 176-281.

Sumarwati, N. K. (2018). Mengklasifikasikan Desa Perkotaan dan Desa Perdesaan Di Kabupaten Klungkung Menggunakan Metode Mamdani. E-Journal Matematika Vol. 7(3), 203-2010.

Nisa, I. M. K., & Nooraeni, R. (2020). PENERAPAN METODE RANDOM FOREST UNTUK KLASIFIKASI WANITA USIA SUBUR DI PERDESAAN DALAM MENGGUNAKAN INTERNET (SDKI 2017). Jurnal MSA (Matematika dan Statistika serta Aplikasinya), 8(1), 72-76.

Downloads

Published

2021-02-01

Issue

Section

Articles